04 November 2008

Banjir Kiriman Genangi Jakarta



Jakarta (ANTARA News) - Banjir kiriman mulai menggenangi sebagian Jakarta sejak beberapa hari yang lalu.

Setelah Jakarta Timur tergenang banjir kiriman pada Minggu (2/11), giliran dua kelurahan di Jakarta Selatan yang terendam pada Senin (3/11).

Data Satkorlak PBP mencatat sebanyak 24 RT di Kelurahan Bukit Duri dan Kebon Baru tergenang banjir dengan ketinggian 10-40 sentimeter.


Tiga RW di Kelurahan Bukit Duri terendam air setinggi 10-20 sentimeter sejak pukul 03.00 WIB namun mulai susut ketika sore hari.

Sedangkan di Kelurahan Kebon Baru ada tiga RT yakni RT 09, 10 dan 17 yang genangan airnya cukup tinggi mulai dari 25-40 sentimeter.

Satkorlak telah menentukan lokasi pengungsian dan menyiapkan pos kesehatan dan dapur umum meskipun menyatakan belum ada pengungsi akibat banjir kiriman tersebut.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan bahwa Jakarta telah siap untuk menghadapi bencana banjir tahunan.

Gubernur memaparkan bahwa Pemprov DKI telah melaksanakan program pengendalian banjir dan telah melakukan pengecekan sarana dan prasarana yg dibutuhkan,

"Kita juga sudah mlakukan gladi bersih. Saya kira kita siap untuk menghadapi (banjir) itu," katanya.

Meskipun demikian, Gubernur menyebut persiapan itu belum ideal dalam artian belum bisa mengatasi banjir secara keseluruhan.

"Tapi sekali lagi, `benchmark` kegiatan itu jangan diharapkan bisa 100 persen ideal karena yang dilakukan baru sampai disitu, belum selesai. Dalam arti belum bisa mengatasi banjir secara keseluruhan," paparnya.

Namun Gubernur menyebut bahwa penanganan banjir akan dilakukan secara konsisten.

Ia mencontohkan Waduk Sunter 1B yang susah dibebaskan tanahnya akan dicoba diganti di lahan lain dengan luas yang sama.

"Kita cari ada gak lahan lain supaya pola dasar
pengendalian banjir itu secara konsisten bisa dikerjakan," ujarnya.

Related Posts by Categories



1 komentar: