31 Juli 2009

Perancis Fund for Climate Change Program in Indonesia

Jakarta,(ANTARA News) - Badan Perancis untuk Pembangunan (Agence Francaise de Development/AFD) memberikan pinjaman kepada Indonesia sebesar 300 juta dolar AS yang merupakan pembayaran tahap kedua Program Pinjaman Perubahan Iklim (Climat Change Program Loan/CCPL).

Keterangan tertulis Departemen Keuangan (Depkeu) di Jakarta, Selasa, menyebutkan, Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu Rahmat Waluyanto dan Country Director AFD di Indonesia, Joel Daligault, menandatangani perjanjian pinjaman itu pada Senin kemarin.

Pinjaman lunak itu ditujukan untuk mendukung Indonesia dalam program melawan perubahan iklim. Pinjaman lunak jangka panjang ini akan sepenuhnya dicairkan dalam beberapa pekan mendatang sebagai anggaran pendukung dalam anggaran Pemerintah Indonesia.

Dalam kerangka CCPL, pada tahun 2008 AFD telah mengucurkan pinjaman tahap pertama sebesar 200 juta dolar AS kepada Pemerintah Indonesia. Hal itu dalam kerangka pembiayaan bersama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

CCPL merupakan pinjaman tiga tahun (2007-2009) yang bertujuan untuk mendukung reformasi kebijakan yang sedang berjalan untuk menghadapi berbagai perubahan iklim. Matriks kebijakan tersebut mencakup bidang mitigasi (kehutanan, energi), adaptasi (pertanian, air), dan isu-isu lintas sektoral.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar