29 Oktober 2008

Tingkatkan kemampuan diri dengan kebutuhan zaman secara komprehensif

Selama masih ada kehidupan, biologi masih diperlukan

Biologi adalah ilmu yang komprehensif dalam melihat kondisi biologis makhluk hidup. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia untuk menyejahterakan diri semakin meningkat dan otomatis lingkungan alam mengalami perubahan. Sebagai seorang biologist, saya seharusnya memahami alam secara terpadu, bukan hanya memahami cara memberantas hama tumbuhan tanpa memahami dampak bagi lingkungan, bukan hanya ahli mengkloning sesuatu tanpa memperhatikan respon alam. Hal ini karena kita hidup di ekosistem yang kompleks.

Bukan hanya ilmu untuk mengisolasi DNA mikrobia, ilmu mengkultur, atau hanya ilmu tentang ekosistem yang harus dikuasai. Biologist haruslah memahami biologi secara mikro dan makro. Untuk memperoleh ilmu yang terpadu tersebut, seorang yang sedang menjalani kuliah di jurusan atau fakultas biologi khususnya S-1 hendaknya mengambil mata kuliah biologi mikro dan biologi makro secara seimbang. Janganlah terjebak hanya karena gengsi atau popularitas mata kuliah tertentu.

Perlu diingat juga, kemampuan kita sebagai mahasiswa juga terbatas. Kita sangat sulit untuk menguasai semua disiplin ilmu biologi. Oleh karena itu, totalitas dan spesifikasi disiplin ilmu biologi tertentu diperlukan. Meskipun demikian, biologist yang ahli di bidang disiplin ilmu tertentu sebaiknya juga mengerti disiplin ilmu yang lain walaupun secara umum. Selain itu, diperlukan sikap saling menghargai diantara biologist yang memiliki spesifikasi disiplin ilmu yang berbeda.

Seorang mahasiswa biologi hendaknya juga selalu melihat dan memahami kondisi alam terkini dan melihat apa yang dibutuhkan oleh alam dan bangsa Indonesia. Jangan sampai merasa hebat karena telah menguasai ilmu biologi tertentu, tetapi ternyata ilmu tersebut sudah jarang diaplikasikan dan tidak begitu dibutuhkan oleh bangsa. Oleh karena itu, mahasiswa biologi diharapkan membekali diri dengan ilmu biologi yang sesuai dengan kondisi zaman dan secara komprehensif.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar