30 Oktober 2008

Indonesia Penghasil Rumput Laut Terbesar


MAKASSAR -- Indonesia sejak 2005 menjadi penghasil terbesar rumput laut jenis euchema dan gracilaria, karena produksi komoditi tersebut trennya terus meningkat. "Indonesia telah jadi nomor satu penghasil rumput laut, dan trennya akan terus meningkat," kata pakar rumput laut Kanada Dr Ian C Neish dalam Forum Rumput Laut Indonesia di Makassar, Rabu.

Neish mengatakan, dari 1,2 juta ton rumput laut kering yang dihasilkan secara global per tahun, sebesar 50 persen dari Indonesia dan 35 persen dari Filipina. "Saat ini produksi rumput laut Indonesia terus meningkat, sementara Filipina terus menurun," kata pakar yang baru saja mendapat penghargaan dari Masyarakat Rumput Laut Indonesia karena perannya memperkenalkan rumput laut Indonesia ke masyarakat internasional.

Melihat luasnya kawasan laut Indonesia yang bisa ditanami rumput laut, maka tren peningkatan produksi rumput laut itu bisa terus ditingkatkan karena pasar dunia masih terbuka. Neish juga memperkenalkan tiga kunci bagi inovasi pengembangan tanaman yang menjadi bahan baku berbagai produk makanan dan farmasi tersebut.

Menurut dia, yang pertama perlu dilakukan ialah mencari kultiva atau jenis baru, karena sekarang ini juga ditemukan jenis baru yang menjanjikan dan pasti ada jenis lain.

Yang kedua, Indonesia perlu segera memperbanyak ragam proses untuk mengolah rumput laut, baik dalam bentuk padat, kering, dan cair. Ketiga, menjadikan pengembangan rumput laut dalam satu kawasan pengembangan akuakultur.

Forum Rumput Laut Indonesia, yang berlangsung pada 28-29 Oktober, merupakan ajang pertukaran informasi mengenai rumput laut yang diikuti sejumlah peneliti dan dari sejumlah negara.
Sumber : Republika

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar