29 Oktober 2008

Akankan manusia menyakiti makhluk lain yang membantunya ?

Oleh : Saevul Amri

Manusia hidup di dunia ini tidaklah sendirian. Tuhan menciptakan alam ini dengan beranekaragam jenis makhluk hidup dan dengan kemelimpahan sumber daya alam. Pada waktu saya kecil, saya hanya dapat melihat makhluk hidup yang besar. Makhluk hidup terkecil yang pernah dilihat pada waktu itu hanyalah tengu. Namun, pada saat ini saya menyadari bahwa ada jutaan makhluk halus yang membersamai saya di dalam semua aktivitas. Pada saat ini, sudah teridentifikasi lebih dari 1,5 juta jenis makhluk hidup. Padahal masih jauh lebih banyak makhluk hidup yang belum ditemukan dan diidentifikasi.
Berbagai penemuan makhluk hidup baru telah dilakukan. Salah satu penemuan spesies paling mengagumkan pada abad ini terjadi di Sulawesi Utara, Indonesia, pada tahun 1997. Spesies tersebut adalah seekor ikan aneh dan tidak dikenal yang ternyata adalah anggota bangsa Coelacanth, ikan purba yang sangat langka di dunia. Penemuan luar biasa lainnya adalah penemuan dunia yang hilang pada tahun 2005 di Pegunungan Foja Mamberamo, Papua. Di tempat tersebut ditemukan banyak spesies baru dan unik.
Seperti halnya manusia, semua makhluk hidup juga melakukan aktivitas untuk mempertahankan hidup dan kelangsungan jenisnya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang berakal dan bermoral sudah sepantasnya hidup saling menghargai dan tidak saling memusnahkan. Kalo kita sadari, makhluk hidup yang lain memberikan kemanfaatan yang besar bagi kehidupan manusia. Pohon menyediakan gas untuk kehidupan manusia, ganggang dan rumput laut yang menjadi awal berbagai rantai makanan laut membuat ikan yang dapat kita konsumsi dapat hidup di sana, serangga dapat menyerbukkan tumbuhan sehingga kita dapat memperoleh manfaat dari tumbuhan yang tumbuh, lichen dapat membantu manusia untuk mengidentifikasi daerah yang terkontaminasi di sekitas sumber polusi udara seperti tempat peleburan emas. Mungkin juga, tanaman yang ada di sekitar kita selain menyediakan oksigen dan penahan air tanah juga memiliki berbagai macam fungsi yang dapat dimanfaatkan.
Berapa banyak lagi penemuan akan manfaat makhluk hidup lain dalam tahun-tahun mendatang-dan berapa banyak lagi yang akan punah sebelum diketahui manfaatnya? Dengan mengingat berbagai manfaat dan kemungkinan adanya manfaat yang belum kita ketahui dari setiap makhluk hidup, manusia seharusnya tidak memperlakukan makhluk lain sekehendak manusia dan mengeksploitasi secara berlebih.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar