26 Agustus 2008

Jutaan Meter Kubik Limbah Industri Cemari Lingkungan Tiap Hari

Semarang (ANTARA News) - Sekitar 3.029.991 meter kubik air limbah industri setiap hari mencemari lingkungan di Jawa Tengah, dengan perkiraan industri besar membuang air limbah 650 meter kubik/hari, industri menengah 150 meter kubik/hari, dan industri kecil 3 meter kubik/hari.

"Total air limbah yang dibuang dalam kurun waktu satu tahun di Jateng sekitar 1,09 miliar meter kubik," kata staf Pengendali Pencemaran Air Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jateng, Reno B. Sasotyo di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan hal itu pada seminar dan lokakarya "Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Cair Domestik Komunal dan Industri" di Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Semarang.

Menurut dia jenis industri besar yang menghasilkan air limbah dan berpotensi mencemari lingkungan didominasi industri tekstil/batik, tapioka, alkohol, MSG (bumbu masak), farmasi, makanan, kecap, gula, kertas, dan penyamakan kulit.

Pencemaran lingkungan juga datang dari limbah domestik (rumah tangga, hotel, dan rumah sakit). Pencemaran dari rumah tangga yang dibuang ke lingkungan perairan tidak hanya air limbah cair tetapi juga limbah padat (sampah)," katanya.

Ia mengatakan, air limbah sektor hotel dan rumah sakit diperkirakan mencapai 1,9 juta meter kubik per hari.

Ia menyebutkan, di Jateng tercatat ada 645.120 industri yang terdiri dari 1.062 industri besar, 2.773 industri menengah, dan 641.673 industri kecil.

Menurut dia, industri yang air limbahnya berpotensi mencemari lingkungan dari industri menengah besar 471 unit, yang memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 296 unit dan belum memiliki IPAL 175 unit.(*)

Sumber : Antara

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar