01 November 2008

Biospektakuler: seminar, lomba, talk show, workshop, environment expo, dan leadership training

Mahasiswa biologi se-Indonesia akan mengadakan acara besar di tahun ini dengan nama Biospectacular. Acara spektakular diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) FSAINTEK UNAIR dan BPP Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) bekerjasama dengan Universitas Airlangga dan Perhimpunan Biologi Indonesia.

Biospectacular 2008 adalah serangkaian acara yang dilaksanakan mulai tanggal 29 November s.d. 2 Desember 2008, adapun rangakaian acaranya adalah sbb :

1. Seminar Nasional Ketahanan Pangan (syarat dan ketentuan call for orator)

–> ( Aula Rektorat UNAIR lt.V : 29 Nov 2008)

2. Pelatihan Kepemimpinan Nasional

–> (Aula Rektorat UNAIR lt.V : 29 Nov 2008)

3. Surabaya Green Day

–> (Taman Bungkul Surabaya : 30 Nov 2008)

4. Lomba Karya Hasil Penelitian Mahasiswa (syarat dan ketentuan) (Panduan Penulisan Jurnal)

–> (R.312 Kampus FSAINTEK UNAIR : 31 Nov 2008)

5. Rapat Koordinasi Nasional IKAHIMBI

–> (Aula Kahuripan UNAIR : 1- 2 Des 2008)

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah :

1) Masyarakat umum, mahasiswa, pelajar (Seminar Nasional dan Surabaya Green Day)

2) Mahasiswa Biologi (Latihan Kepemimpinan Nasional dan Lomba Karya Hasil Penelitian)

3)BPP dan Korwil IKAHIMBI (RAKORNAS)


Seminar Nasional Ketahanan Pangan

DASAR PEMIKIRAN

Hak atas pangan sekaligus merupakan salah satu pilar utama hak azasi manusia, ketahanan pangan merupakan bagian terpenting dari pemenuhan hak tersebut. Ketahanan pangan juga merupakan bagian yang sangat penting dari ketahanan nasional. Kelaparan dan kekurangan pangan merupakan bentuk terburuk dari kemiskinan yang dihadapi rakyat, dimana kelaparan itu sendiri merupakan suatu proses sebab-akibat dari kemiskinan. Oleh sebab itu usaha pengembangan ketahanan pangan tidak dapat dipisahkan dari usaha penanggulangan masalah kemiskinan. Dilain pihak masalah pangan yang dikaitkan dengan kemiskinan telah pula menjadi perhatian dunia, terutama seperti yang telah dinyatakan dalam KTT Pangan Dunia dan Indonesia memiliki tanggung jawab untuk turut serta secara aktif memberikan kontribusi terhadap usaha menghapuskan kelaparan di dunia.
Dalam hal ini, sekalipun ketahanan pangan ditingkat nasional (dilihat dari perbandingan antara jumlah produksi dan konsumsi total) relatif telah dapat dicapai, pada kenyataanya ketahanan pangan dibeberapa daerah tertentu dan ketahanan pangan dibanyak keluarga masih sangat rentan. Masalah ketahanan pangan adalah masalah bersama yang menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu perlu dikembangkan suatu komitmen dan kerjasama diantara semua pihak terutama dalam bentuk kerjasama yang erat antara pemerintah, swasta, dan masyarakat (yang antara lain direpresentasikan oleh kalangan LSM dan perguruan tinggi).
Disiplin Ilmu Biologi dapat memberikan solusi bagi permasalahan ketahanan pangan ini. Melalui kepahamanan akan tingginya keanekaragaman hayati Indonesia, para ilmuwan Biologi sudah selayaknya dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan solusi konkret bagi permasalahan ini. Namun agar tidak terjadi misleading di kemudian hari kajian bioetika terhadap isu ketahanan pangan juga perlu dilakukan, mengingat banyaknya GMO (genetically modified organism) dewasa ini yang masih menjadi bahan perdebatan dalam menjadi solusi permasalahan ini.
Untuk itu kami Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga bekerjasama dengan Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi dan Perhimpunan Biologi Indonesia bermaksud untuk mengadakan rangkaian acara bertajuk Biospectacular yang salah satu acaranya adalah Seminar Nasional Ketahanan Pangan dengan tema “Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dan Bioetika dalam Mencapai Ketahanan Pangan Nasional”, guna meningkatkan kepedulian segenap elemen masyarakat dalam Upaya Melanjutkan komitmen dan langkah nyata dalam menyelesaikan permasalahan ini.

TEMA KEGIATAN

”Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dan Bioetika dalam Mencapai Ketahanan Pangan Nasional”

BENTUK DAN DESKRIPSI KEGIATAN
Kegiatan ini dalam bentuk diskusi panel dimana terdapat empat pembicara yaitu dari Menteri Pertanian sebagai Key Not Speaker, Ketua Komisi Bioetika Nasional, Peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Staf ahli Kementrian Pertanian , dan Senior Researcher LSM Nature Conservacy. Selain itu dalam acara ini terdapat orator yang berasal dari mahasiswa Biologi PTN atau PTS yang terpilih melalui sistem seleksi.
Seminar ini dibagi dengan urutan sebagai berikut, pembicara keynote speaker yang akan dibawakan oleh Menteri Pertanian Indonesia, orator dari mahasiswa yang telah diseleksi terlebih dahulu, dan dua sesi seminar. sesi pertama berupa diskusi panel dengan pemateri oleh Peneliti LIPI dan Ketua Komite Bioetika Nasional yang akan mendiskusikan tema pemanfaatan keanekaragaman hayati dan bioetika untuk ketahanan pangan Indonesia yang berkelanjutan, dan sesi kedua dengan pemateri dari Kementrian Pertanian dan LSM Nature Conservacy yang akan mendiskusikan tema kebijakan ketahanan pangan dan kaitannya dengan konservasi di Indonesia.

Lomba Karya Hasil Penelitian
Lomba dengan tema “Bakti Kami Untuk Negeri” merupakan apresiasi kecintaan dan dharma bakti mahasiswa biologi Indonesia kepada bangsa dan negara dalam bentuk penelitian aplikatif. Melalui kegiatan ini Prestasi anak negeri ini akan dapat ditindak lanjuti sehingga berdaya guna bagi masyarakat. Ajang publikasi penelitian dan karya mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi ajang tukar informasi dan pengetahuan diantara mahasiswa diseluruh penjuru tanah air. Dipertemukannya mahasiswa dengan bidang minat cabang biologi yang berbeda-beda dapat pula menjadi pondasi awal wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih mendalam.
Syarat dan ketentuan Lomba Karya Hasil Penelitian
(LKHP) Mahasiswa Biologi 2008

Ketentuan umum :

a. Peserta masih tercatat aktif sebagai mahasiswa Biologi baik PTN/PTS di Indonesia

b. Jurnal yang dilombakan merupakan hasil penelitian yang orisinil, baik pribadi maupun kelompok,

c. Tema dan judul penulisan bebas, tapi berorientasi pada “Pemberdayaan SDA dan Lingkungan demi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

d. Seleksi hasil penelitian terdiri dari dua tahap :

- Tahap pertama berupa penyisihan dimana peserta mengirimkan jurnal hasil penelitian lengkap yang diajukan ke biospectacular2008@yahoo.com dengan batas akhir pengiriman tanggal 10 November 2008

- Tahap kedua akan dipilih 10 jurnal terbaik yang akan diumumkan melalui website Biospectacular (17 November 2008) dan diwajibkan mengirimkan jurnal lengkap beserta power point paling lambat tanggal 23 November 2008 ke alamat email biospectacular2008@yahoo.com

e. 10 jurnal terbaik akan dipresentasikan pada tanggal 1 Desember 2008 di UNAIR, Surabaya

f. Ralat : TIDAK ADA BIAYA REGISTRASI UNTUK LKHP (GRATIS)

g. LKHP akan dilaksanakan pada tangga 1 Desember 2008 di Aula rektorat/aula kahuripan Kampus C Uniersitas Airlangga. Ketentuan presentasi adalah sebagai berikut

*Presentator maksimal terdiri dari tiga orang (termasuk operator)
*Waktu presentasi terdiri dari 15 menit pemaparan makalah oleh presentator dan 15 menit tanya jawab oleh tim juri/komentator.

h. 10 jurnal penelitian terbaik (10 Finalis) akan dicantumkan dalam proceeding SEMINAR HASIL PENELITIAN IKHIMBI 2008. Terbaik XI-XX akan ditampilkan abstraknya, dan nominator yang tidak terpilih dalam semifinal akan ditampilkan Judul penelitian, nama peneliti dan alamat e-mailnya (dengan harapan pembaca yang berminat dapat bertukar informasi seputar penelitian yang dilakukan).

i. Tema dan judul penulisan bebas, tapi berorientasi pada Pemberdayaan SDA dan Lingkungan demi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

j. Komentator dan Dewan Juri

1.Ketua Departemen Biologi FSAINTEK Unair
2.LIPI / PBI
3. Penasehat IKAHIMBI

- Hadiah :

Juara 1 : Rp. 1.000.000 + Sertifikat + Trophy*

Juara 2 : Rp. 7500.000 + Sertifikat +Trophy

Juara 3 : Rp. 500.000 + Sertifikat + Trophy

*Jurnal Pemenang Juara I akan dimasukkan ke dalam Jurnal Terakreditasi LIPI

SUBSTANSI PENILAIAN

1. Substansi Jurnal dan abstrak penelitian
2. Sistematika penulisan Jurnal
3. Gagasan dan inti masalah yang diteliti
4. Manfaat hasil penelitian
5. Kedalaman telaah pustaka dan kesahihan teori yang dipakai
6. Penggunaan metodologi yang dipakai
7. Fisibilitas dan reabilitas penelitian
8. Penyajian

Call For Orator
Syarat & Ketentuan Call for Orator

Ketentuan Umum:

1. Calon orator adalah warga negara Indonesia, yang berdomisili di dalam negeri

2. Calon orator adalah mahasiswa jurusan biologi dan masih aktif berkuliah (dibuktikan dengan KTM yang masih berlaku dan surat keterangan dari jurusan yang bersangkutan)

3. Pendaftaran calon orator dimulai dari tanggal 13 Oktober 2008 dan ditutup tanggal 10 November 2008, pukul 23.59 WIB

4. Calon orator yang akan mendaftar diharuskan membuat cv tentang dirinya beserta essay ilmiah

5. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengirimkan cv dan essay ke alamat panitia : Sekretariat Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Airlangga, Kampus C, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115 atau mengirimkannya melalui alamat email : biospectacular2008@yahoo.com

4. Hasil seleksi akan dinilai oleh dewan juri untuk dipilih 3 orang finalis (diumumkan pada tanggal 17 November 2008 melalui website Biospectacular) dan akan diundang pada tanggal 28 November 2008 untuk kemudian dilakukan seleksi secara lisan di Universitas Airlangga, Surabaya

5. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

6. Pengakuan ketentuan call for orator : Dengan mengirimkan essay dan cv untuk diikutsertakan dalam kegiatan ini, maka peserta menyatakan diri untuk mengikuti semua ketentuan tersebut di atas berikut sanksi-sanksinya

7. Calon orator yang mengirimkan essay-nya yang dibuat orang lain akan dikenai sanksi diskualifikasi

Ketentuan khusus :

1. Essay dibuat maksimal 2 (dua) halaman dan bersifat ilmiah

2. Menggunakan font times new roman, dengan ukuran tulisan 12 dan judul ukuran 14

3. Tema : “Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati dan Bioetika dalam Mencapai Ketahanan Pangan Nasional”

4. Essay yang dibuat harus menjadi acuan dalam melakukan orasi

Surabaya Green Day

Sebuah acara untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan melek terhadap isu-isu lingkungan dan cara-cara penanggulangannya. Acara ini diawali dengan jalan sehat, diikuti dengan expo lingkungan yang diselenggarakan di salah satu pusat keramaian kota Surabaya, Taman Bungkul.Disela acara expo akan diadakan pula talkshow dan Workshop bertemakan lingkungan.

Seluruh keuntungan yang didapat pada acara ini akan disumbangkan dalam rangka penanaman pohon dan kegiatan lingkungan hidup. Acara ini akan dimeriahkan oleh artis ternama dan dipandu oleh finalis Puteri Indonesia.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Adalah suatu kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh BPP IKAHIMBI dan bekerjasama dengan HIMBIO UNAIR. Bertempat di Aula Rektorat UNAIR Lt.V yang ditujukan kepada seluruh pengurus BPP dan KORWIL IKAHIMBI beserta mahasiswa Biologi lainnya, acara pelatihan ini nantinya akan dipandu alumni PPSDMS NF (Sekjen Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia dan sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia). Guna membentuk mahasiswa Biologi yang memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia menjadi lebih bailk.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar