04 November 2008

60 Persen Kawasan Hutan Mangrove di Indonesia Rusak

duaberita-Batang-Menteri Kehutanan MS Kaban menyatakan, hampir 60% kawasan pohon mangrove (bakau) yang ditanam di sepanjang pesisir pantai di Indonesia rusak akibat ulah manusia. Wilayah Indonesia yang paling parah kerusakan kawasan pohon mangrove yakni di pantai utara Jawa, beberapa wilayah pesisir pantai Sumatera Bagian Timur, sebagian wilayah Sulawesi dan Bali.


"Kebanyakan para petani tambak ikan di sepanjang pesisir pantai telah mengabaikan kelestarian dan keseimbangan pohon mangrove yang sengaja ditanam. Akibatnya, kawasan pesisir menjadi gundul akibat rusaknya pohon mangrove. Dampak yang terjadi sering terjadinya abrasi di kawasan pesisir pantai," kata Kaban disela-sela kunjungan kerjanya di Batang (Jateng) pada acara Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Sigandu, Sabtu (25/10).

Ka'ban lebih jauh menambahkan, sudah saatnya mulai sekarang digalakkan kembali penanaman bibit pohon mangrove di kawasan pesisir pantai. Tujuannya, agar keseimbangan alam dapat terjaga dengan baik. "Memang dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan. Mari bersama-sama untuk menunjukkan komitmennya dalam rangka ikut program rehabilitasi kawasan hutan mangrove," kata Kaban.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar