04 November 2008

Pangeran Charles: "Indonesia Telah Membuat Kagum Warga Inggris"

Jakarta: Indonesia telah mendapatkan tempat di dunia sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia. Demikian dikatakan Pangeran Charles saat memberikan Presidential Lecture di Istana Merdeka, Senin (3/11) pagi. “Waktu berjalan begitu cepat, ternyata 19 tahun sudah berlalu sejak saya mengunjungi negara anda. Ketika kini saya memasuki ulang tahun yang ke-60 minggu depan, saya telah melihat perubahan yang luar biasa yang telah terjadi selama 60 tahun sejak kemerdekaan,” puji Pangeran Charles.


“Yang pasti negara Indonesia telah membuat beberapa generasi warga negara Inggris kagum sejak tokoh negarawan yang terkenal, Sir Stamford Raffles, tiba di Indonesia pertama kali pada tahun 1811,” kata Charles. “Raffles banyak sekali belajar mengenai sejarah dan adat istiadat Jawa dan menjadi seorang pakar yang hebat. Saya sendiri bukan seorang pakar apapun, akan tetapi hal yang paling mempengaruhi Indonesia adalah mengenai hal-hal yang telah saya bicarakan dan upaya untuk meningkatkan kesadaran selama lebih dari 30 tahun,” Pangeran Charles menjelaskan.

Pangeran Charles juga masih ingat pernah berbincang-bincang dengan mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim mengenai perubahan iklim pada kunjungannya di tahun 1989. “Kami membahas berbagai ancaman terhadap lingkungan hidup di mana kita berdua, bahkan selanjutnya menganggap diperlukan perhatian segera. Hal-hal ini mencakup perubahan iklim, yang diyakini banyak kalangan telah menjadi tantangan terbesar yang kita hadapi. Upaya ini menjadi tema yang mengaitkan berbagai upaya yang akan saya lakukan selama kunjungan saya ke Indonesia,” Prince of Wales menambahkan.
Sumber : http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2008/11/03/3667.html

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar